Langganan

Thursday, September 27, 2018

TUTORIAL BIKIN THAI TEA DENGAN REMPAH DAN SUSU

Thai Tea Segar Beraroma yang Dibuat dengan Campuran Rempah dan Susu



     Minuman asal Thailand punya rasa dan warna yang khas. Kini minuman bercitarasa manis ini makin populerdi seluruh kalangan. Thai tea sebenarnya dibuat dari seduhan kuat teh Ceylon. Teh asal Sri Lanka ini punya aroma unik dan menenangkan.
     Namun karena tingginya harga teh Ceylon, versi teh Assam yang ditanam lokal di Thailand jadi penggantinya. Teh hitam ini disebut Bai Miang. Kebanyakan Thai tea memakai Bai Miang dengan tambahan pewarna merah dan oranye. Sebab warna oranye tua jadi ciri khas teh Thailand. 




Thai tea juga mungkin memakai tambahan lain. Seperti air orange blossom, bunga lawang, biji asam yang dihancurkan, cengkih hingga kapulaga. Membuat teh ini punya rasa rempah enak yang membedakannya dari teh lain. Untuk rasa, Thai tea diberi citarasa manis dari gula dan susu kental manis. Kemudian teh diguyuri susu evaporated, santan atau susu full cream yang memberi tekstur creamy. Thai tea bisa disajikan dingin ataupun panas.
       Sekarang ada pula varian Thai green tea yang biasa dijual bersama Thai tea. Minuman ini punya warna hijau dengan citarasa bunga melati kuat. Di restoran Thailand, umumnya teh disuguhkan dalam gelas kaca tinggi. Sementara di penjual kaki lima, teh ditempatkan dalam gelas plastik tinggi. Kemudian ada kantung plastik dengan pegangan untuk membawanya.

No comments:

Post a Comment